Thursday, December 2, 2010

MARKETING COMMUNICATION : ONE

i got the assignment to make a paper about the communication strategy of product/service/campaign for my mid semester exams. after thinking long enough, i decided to chose ONE campaign for my subject. and here it goes..

ANALISA KASUS MARKETING COMMUNICATION
ONE


ONE campaign Pictures, Images and Photos


ONE adalah salah satu organisasi internasional yang melawan kemiskinan dan penyakit yang dapat dicegah seperti HIV/AIDS khususnya di Afrika. ONE berusaha meningkatkan kesadaran masyarakat dan para pemimpin politik dunia untuk membantu kebijakan efektif tentang kesehatan, kebersihan, kemiskinan, dan pendidikan untuk anak-anak.ONE didirikan oleh Bono dan beberapa tokoh kemanusian dunia maupun dari Afrika sendiri.
PadaONE, mereka mencapai perubahan melalui advokasi. Mereka memegang pemimpin dunia untuk memperhitungkan komitmen yang telah mereka buat untuk memerangi kemiskinan ekstrim, dan mereka berkampanye untuk kebijakan pembangunan yang lebih baik, bantuan lebih efektif dan reformasi perdagangan. Mereka juga mendukung demokrasi yang lebih besar, akuntabilitas dan transparansi untuk memastikan kebijakan untuk mengalahkan kemiskinan diterapkan secara efektif.

ONE bekerja sama dengan para ahli kebijakan, para pemimpin Afrika, dan aktivis anti-kemiskinan untuk memobilisasi opini publik agar mendukung metode teruji dan terbukti untuk menanggulangi kemiskinan. Pada ONE, mereka percaya perjuangan melawan kemiskinan bukan tentang amal, tetapi tentang keadilan dan kesetaraan.
Dengan bergabung bersama gerakan ONE, anda memiliki kesempatan untuk mengambil tindakan untuk dukungan yang efektif, inisiatif terbukti memberikan hasil di tempat-tempat termiskin di planet ini: masyarakat melindungi keluarga dari penyakit yang dapat dicegah seperti AIDS dan malaria, menempatkan anak-anak di sekolah, memberikan kesempatan ekonomi dan menstabilkan. Bila anda bergabung ONE, anda bergabung dengan jutaan orang dari kanan, kiri dan pusat yang percaya bahwa tempat tinggal anda tidak harus menentukan apakah anda hidup. ONE meminta suara Anda untuk membantu dalam gerakan orang dan organisasi yang bekerja untuk mengakhiri kemiskinan di seluruh dunia.
ONE dan 2 juta anggotanya sekarang, bersama dengan organisasi pendahulunya Data ONE dan non-profit mitra, telah memainkan peran penting dalam membujuk pemerintah untuk mendukung program-program yang efektif dan kebijakan yang membuat perbedaan yang terukur dalam memerangi kemiskinan dan penyakit. Sebagai hasil dari program tersebut, saat ini hampir 4 juta orang Afrika memiliki akses terhadap pengobatan AIDS yang menyelamatkan jiwa, naik dari hanya 50.000 orang pada tahun 2002. Malaria kematian telah terbelah dua di negara di Afrika dalam waktu kurang dari 2 tahun dan anak-anak 42 juta lebih sekarang pergi ke sekolah.

Pada One, kami tidak meminta uang anda, tapi kami meminta suara anda..



Analisa Kasus


1. New Wave Metode
Character
Karakter yang ingin ONE sampaikan kepada masyarakat adalah kepedulian terhadap sesama manusia. Mempersatukan seluruh masyarakat di dunia melalui satu wadah untuk satu tujuan mulia yaitu kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang.

Communization
Target audience ONE sendiri meliputi hampir seluruh masyarakat di dunia, baik simpatisan dan tokoh politik, maupun warga sipil pada umumnya yang memiliki kepedulian terhadap sesama manusia dan memiliki kesadaran tinggi kepada pentingnya penyelesaian masalah sosial yang ada bagi kepentingan bersama. Selain itu kepada seluruh pengguna jasa internet sehingga memudahkan bagi mereka untuk ikut serta menyuarakan pendapat mereka meskipun berada di belahan bumi yang berbeda.
Target audience difokuskan kepada pria / wanita berusia 18 – 50 tahun, berpendidikan, dan berstatus ekonomi cukup sampai menengah ke atas.

Co – Creation
Co creation yang dilakukan oleh ONE ada 2 macam yaitu :
1. ONE : ACT NOW
Dengan melakukan registrasi secara online kita sudah dapat bergabung dengan gerakan ONE : ACT NOW yang berarti kita ikut menandatangani petisi yang akan dikirimkan kepada para pemimpin politik di dunia.
Gerakan ONE : ACT NOW saat ini tengah mengangkat tentang gerakan agar pada tahun 2015 tidak aka nada bayi yang lahir dengan HIV/AIDS. Dimulai dengan keikutsertaan Amerika Serikat diharapkan negara berkembang lainnya akan ikut serta.
2. ONE BLOG
ONE blog adalah suatu situs harian gerakan anti kemiskinan. Blog ini dikelola oleh staf ONE dan dapat diisi oleh siapa saja yang ingin berpartisipasi dengan gerakan ini.



Conversation
One mempunyai sebuah gerakan Spread The World sebagai salah satu bentuk conversation. Spread The World adalah sebuah email yang dikirimkan melalui orang ke orang, dimana isi dari email tersebut sudah disediakan oleh ONE dan tinggal melakukan copy paste sehingga langsung dapat dikirimkan kepada semua orang, kerabat dan keluarga kita.
Ada pun isi dari email tersebut adalah :
Subject: Join me in the fight against extreme poverty

Hi,

I've just signed up to ONE and the fight against extreme poverty. I'd like you to join me.
By supporting ONE, you have the opportunity to take action to support effective, proven initiatives that are delivering results in the poorest places on the planet: protecting families from preventable diseases like AIDS and malaria, putting children in school, providing economic opportunity and stabilising communities.
Join me and millions of people around the world who believe that where you live shouldn't determine whether you live:
http://www.one.org/international/actnow
Together as ONE we can make a difference!

Thanks!


Kemudian selain itu, ONE juga memiliki ONE WIGDET dan ONE BANNER yang dapat diinstall di website atau blog pribadimu sebagai jalan pintas untuk mengakses ONE.


2. Legacy 4P Metode

Product
ONE adalah situs kampanye kemanusian yang bergerak dibidang pemberantasan kemiskinan, kebodohan, dan AIDS khususnya di Afrika. ONE dapat diakses melalui www.one.org dari seluruh dunia. Tujuan dari ONE sendiri adalah memperbaiki kehidupan melalui petisi yang didukung oleh suara seluruh masyarakat dunia. Dengan harapan mendesak para pemimpin politik dunia untuk bergerak membantu menyelesaikan masalah ini.
Price
Harga dari satu suara yang kita berikan kepada ONE sebenarnya tidak dapat dihitung dalam mata uang mana pun. Dan ONE sendiri tidak menjual apa pun selain ajakan untuk membantu sesama. Seperti yang muncul dalam slogan ONE sendiri yaitu, “we don’t need your money, we need your voice”
Positioning
ONE terbagi dalam beberapa kegiatan. Saat ini gerakan kampanye yang sedang dilakukan oleh ONE adalah,
1. Live in a World Where : NO CHILD IS BORN WITH HIV
Sebagai bentuk perayaan Hari Anti AIDS sedunia, ONE melakukan gerakan 2015 NO CHILD BORN WITH HIV, dimana mereka membuat petisi yang dapat didukung oleh siapa saja dengan melakukan registrasi online via situs ONE, serta dengan video kampanye yang telah tersebar dijejaring-jejaring sosial (video terlampir ).
2. AFRICA’S FUTURE FEMALE
Gerakan ini ditujukan untuk membantu wanita-wanita di Afrika memperbaiki taraf hidupnya baik di bidang kesehatan, pendidikan, bahkan dibidang politik.


Adapun gerakan rutin yang dilakukan oleh ONE adalah sebagai berikut,
1. Spread The World
Yaitu menyampaikan pesan berantai melalui email untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat yang ada di dunia untuk ikut menyumbangkan suaranya demi membantu sesama.
2. ONE Blog
Wadah dimana siapa pun, kapan pun, dimana pun, dapat menyuarakan aspirasinya demi membantu terwujudnya kehidupan yang lebih baik.

Promotions
ONE telah melakukan berbagai promosi yaitu :
1. Commercial Videos
2. ONE widget, adalah aplikasi untuk handphone, smartphone dan android untuk dapat mengakses ONE dimana pun kapan pun.
3. ONE Banner, adalah jalan pintas untuk mengakses situs ONE dari personal bloh ataupun personal account lainnya.





how do you think? you dont have to understand what the heck is this marketing communication strategy means, i hope after reading this article and watching the videos, you will be interested to give your voice to help our sisters and brothers, help the world fighting against HIV/AIDS to protect your self from HIV/AIDS.

visit ONE or sign up via ONE Banner from my page.

Stay Safe.

No comments:

Post a Comment

Lilypie Second Birthday tickers
Daisypath Anniversary tickers